Translate

Selasa, 05 Maret 2013

Menkeu janjikan beli listrik PLTS lebih mahal

Reporter : Harwanto Bimo Pratomo
Selasa, 5 Maret 2013 18:00:00 PLTS. energytoday.com
0
 


Pemerintah terus mendorong swasta untuk berinvestasi pada sektor pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) di daerah terpencil. Insentif dipersiapkan untuk mempermudah implementasi pembangunan.

Menteri Keuangan Agus Martowardojo mengatakan insentif yang diberikan berupa harga pembelian hasil listrik khusus oleh PLN atau berbeda dari harga umum. Harga pembelian akan semakin meningkat jika penggunaan peralatan PLTS menggunakan produksi dalam negeri.

Diharapkan program ini dapat mendorong tingkat elektrifikasi Indonesia karena selama ini daerah terpencil masih kesulitan mendapat aliran listrik.

"Kita sepakati untuk menggunakan PLTS dan dibantu dengan sistem fit in tarif dan kemudian digunakan secara kompetitif dan diharapkan jadi solusi bagi daerah terisolir untuk masalah listriknya," ujarnya saat ditemui di kantor Kementerian Koordinator Perekonomian, Jakarta, Selasa (5/3).

Biaya produksi dari PLTS tentunya lebih murah jika dibandingkan dengan bahan baku bahan bakar minyak (BBM). Ini tentunya akan lebih menguntungkan dan bentuk efisiensi dalam konsumsi energi tidak terbarukan.

"Pemetaan daerah terisolir sudah banyak. Daerah tersebut sudah diidentifikasi PLN dan sepakat itu terisolasi," katanya.

Tarif pembelian listrik ini, lanjut Agus, maksimal USD 25 per kwh. "PLTS ini umumnya menghasilkan 2 MW. Jadi saudara sekalian silahkan investasi nanti outputnya dibeli sama PLN," ungkapnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar